MUSCAB SKJM ke 4

Musyawarah Cabang ke-4 DPC SKJM Jakarta-Cikampek yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal 21 dan 22 Juli 2008 di Pondok Remaja Cipayung Kota Bogor, yang menetapkan Pasangan M. Kusnadi SH dan Hendra Ap Damanik sebagai Ketua dan Sekretaris DPC SKJM Jakarta-Cikampek untuk periode 2008-2011, pemilihan yang berlangsung cukup seru ini diikuti oleh 4 calon Pasang, yang dihadiri oleh 130 orang dengan 49 utusan yang mewakili unti kerja dan gerbang tol dan 81 orang yang terdiri dari panitia, para pengurus periode 2005-2008 serta para undangan.

Pada laporan singkatnya Iwan Abrianto selaku Ketua Panitia Muscab mengatakan bahwa penyelenggaraan ini untuk para utusan panitia menetapkan dengan kuota anggota 1:15, dan untuk proses penjaringan para kandidat Pengurus DPC SKJM menggunakan system berpasangan, hal ini sesuai dengan Hasil Kongres 4 di Bali, dan juga pada proses pemilihan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 juli besok, panitia telah menetapkan nomor urut peserta sehingga nantinya para utusan hanya menulis nomor urut saja pada kertas pemilihan. Dan panitia telah menetapkan tema dalam Muscab ini adalah Japekers menjadikan SKJM sebagai organisasi yang cerdas, mandiri dan professional “ , dan juga terlihat beragam warna terlihat pada kelengkapan anggota baik dari tas maupun Name Tag yang digunakan, hal ini sengaja panitia rancang bahwasanya Pikiran boleh beda, beda pendapat pasti akan terjadi namun tetap satu tujuan mencari seorang Pemenang yang benar-benar dapat mengemban amanat anggotanya, demikian ujar Iwan menutup sambutannya.

Kemudian M. Kusnadi selaku Ketua DPC SKJM Jakarta-Cikampek pada sambutannya mengatakan bahwa hanya satu pesannya,yaitu bagi Pemanang pada Muscab kali ini, hendaklah selalu menjalankan amanat anggota serta mengawal hasil Kongres ke 4 di Bali serta memberikan dorongan kepada DPP SKJM untuk segera merealisasikan Pasla-pasal PKB yang berlum ditetapkan, dan kepada utusan yang hadir pilihlah sesuai dengan hati nurani serta amanat para anggota yang memberikan kepercayaan kepada para utusan yang hadir disini.

Acara dilanjutkan sambutan Ir. Robert Sitorus selaku Kepala Cabang Jakarta-Cikampek, yang mengatakan bahwa selama proses penjaringan sampai pelaksanaan pada hari ini Saya terus mengikutnya, terlihat kesiapan panitia sudah sangat baik, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan Muscab kali ini sudah tersusun dengan baik, kepada para utusan yang mengemban amanat dari unit kerja dan Gerbang Tol manfaatkan kesempatan ini dengan baik, kepada para Calon Pengurus yang Menang nanti jangan cepat merasa puas, ingat tugas kedepan kita ( SKJM dan Manajemen-red) sangatlah berat dan kepada yang belum menang janganlah merasa sedih, karena para Calon yang maju ke sini adalah Calon-Calon yang memiliki SDM yang baik, mari bantu Pengurus yang terpilih sehingga proses berserikat di lingkungan Jakarta-Cikampek menjadi lebih cerdas, mandiri dan professional, menutup sambutannya.

Selanjutnya Ir. Setyono Ketua Umum DPP SKJM menyampaikan sambutan singkatnya mengatakan bahwa siapapun yang akan memimpin DPC SKJM Jakarta-Cikampek nantinya dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan DPP, meningat trugas kedepan kita sangatlah berat karena Perusahaan Jasa Marga merupakan perusahaan terbuka, sehingga pada saat pembuatan PKB nantinya diperlukan saran-saran dari DPC yang ada, kemudian dengan ketukan Palu oleh Ketua Umum DPP acara Muscab ke-4 dibuka dengan resmi.

Setelah istirahat sebentar, acara Muscab ke-4 dimulai dengan menetapkan pimpinan sidang sementara dari utusan NPP termuda yaitu sdr Suseno dan NPP tertua sdr. Jaya Rohaya, kemudian pemimpin Sidang Sementara mencari Pimpinan Sidang untuk pelaksanaan Muscab ke-4, yaitu sesuai dengan pilihan para anggota Ketua Sidang ditetapkan Hervian, Wakil Ketua M. Rifai Lussy dan sebagai Sekretaris sdr(i) Endang Werdiningsih, acara demi acara terus berjalan sampai dengan pembagian Komisi-Komisi yaitu Komisi A membahas tentang Tata Tertib Pemilihan dan Komisi B tentang Evaluasi laporan Ketua DPC SKJM Periode 2005-2008.

Pada siding Pleno terjadi perbedaan pendapat karena Komisi A menyampaikan Bahwa Pengurus yang akan maju nantinya harus terbebas dari jabatan organisasi ( rangkap jabatan misal sudah Pengurus Koperasi tidak boleh menjadi pengurus SKJM-red) , pimpinan sidang memutuskan dengan voting bahwa setuju dengan Komisi A namun beberapa anggota tidak setuju, akhirnya Pimpinan Sidang menanyakan kepada Panitia, dijawab oleh Iwan Abrianto selaku ketua panitia nahwa didalam AD/ART baik Koperasi maupun SKJM tidak diatur bahwa Pengurus tidakl boleh rangkap jabatan, namun untuk menentukan alangkah baiknya Bakal Calon sdr. Sadiyo dihadirkan untuk penyelesaian ini, akhirnya pimpinan sidang memanggil sdr Sadiyo, dengan penyampaian yang singkat Sadiyo mengatakan apabila pada proses pemilihan Saya yang menang maka jabatak Ketua Badan Pengawas Koperasi JMB VIII Saya lepas, hal ini disambut gembira oleh peserta yang hadir, akhirnya pimpinan Sidang memutuskan tidak ada perubahan pada Tata Tertib pemilihan, dan acara di tutup dan dilanjutkan besok pagi, waktu telah menunujkkan pukul 23.00 Wib.

22 Juli 2008, setelah peserta makan pagi bersama dilanjutkan pembukaan sidang oleh pimpinan sidang dengan agenda tunggaa pemilihan Pengurus, terlebih dahulu membacakan Tatib Pemilihan dan memeriksa kelengkapan pemilihan baik itu bilik suara, kertas suara, kotak suara dan mencari saksi-saksi yang dimpilih oleh 5 Kandidat, tiba saatnya proses pemilihan satu persatu pimpinan memanggil para utusan untuk menerima kertas suara, lebih kurang 1 jam semua peserta telah melaksanakan Hak Suaranya, kemudian saksi-saksi menghitung ulang kertas suara yang masuk dan dinyatakan syah, tibalah proses penghitungan suara, dengan hasil Pasangan 1 M . Kusnadi-Hendra memperoleh 30 Suara , Pasanagan Sadiyo-Maldi 12 suara, Pasangan Soelaeman-Yulina 5 suara, Sarwaka-Merry 1 suara dan untuk Pasangan Deddy-Eko R tidak memperoleh suara dan 1 suara dinyatakan rusak, dengan demikian Pasangan M.Kusandi-Hendra menang mutlak dan untuk kedua kalinya pasangan ini memimpin DPC SKJM Jakarta-Cikampek, sedangkan untuk Ketua MPC tidak dilakukan pemilihan, namun ditetapkan oleh calon Anggota MPC yaitu ditetapkan Abubakar Lahengke sebagai Ketua, sedangkan Anggota Cecep Muslich, Daniel Sudarnoto dan Mulyadi, dengan berakhirnya proses pemilihan maka agenda sidang Muscab ke-4 ditutup oleh pimpinan Sidang, kemudaian acara dilanjutkan dengan pengukuhan oleh DPP SKJM, sebelum penutupan dilakukan dialog dengan Direktur SDM Jasa Marga yaitu Ir. Firmsansjah, CES yang mana sambutannya Direktur SDM memberikan gambaran atas perkembangan Perusahaan sampai saat ini baik dari segi SDM, Keuangan dan lainnya, karena waktu terbatas akhirnya dialog untuk Tanya jawab tidak dilakukan, akhirnya acara ditutup dengan resmi oleh Kepala Cabang Jakarta-Cikampek.

Tepat pukul 12.00 seluruh peserta dan undangan bersama-sama menuju restoran Ponyo untuk makan siang bersama dan dilanjutkan untuk pulang ke tempatnya masing-masing, Inti Japek yang mengikuti acara ini sempat berbincang dengan para peserta, salah satu Agnes Nalom Tobing utusan dari Gerbang Tol Cibitung, mengatakan bahwa pelaksanaan Muscab kali ini sangat demokrasi, terlihat dari kesiapan panitia untuk merancang bilik suara, kertas suara dan saksi-saki, sehingga pada saat pemilihan Kami selaku utusan sangat terjaga kerahasiannya, dan pesannya kepada Pengurus terpilih semoga amanat dari Muscab ini dapat segera direalisasikan, menutup pembicaraan dengan Inti Japek.

Selesai sudah perjalanan demokrasi yang dilakukan DOC SKJM Jakarta-Cikampek, semoga segala amanat yang telah diputuskan pada Muacab ke-4 kali ini dapat dijalankan dengan baik, Redaksi Inti Japek mwngucapkan selamat kepada para pemenang, jadikan kemenangan ini sebagai tugas mulia dan bagi yang belum menang jadaikan pelajaran yang paling berharga. Sukses SKJM … intijapek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: